Friday 11 November 2016

RPP Tematik Kegemaranku(Gemar membaca) Kelas I SD/MI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  MII Candiareng
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema 2                           :  Kegemaranku
Sub Tema 4                   :  Gemar Membaca
Pembelajaran                :  1
Alokasi Waktu               :   1 x Pertemuan (1 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Meyakini bahwa Allah lah pencipta manusia dan seisinya
KI 2 : Memiliki perilaku disiplin, toleransi, menghormati perbedaan sesama teman, keluarga dan guru yang berbeda dengan dirinya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dijumpainya
KI 4 : Mampu mempraktikkan kegiatan-kegiatan dan membuat keterampilan yang berhubungan dengan kegemarannya

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4    Mengenal teks cerita diri tentang keluarga dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis.
Indikator :
¡  Membaca teks cerita diri
¡  Menceritakan kembali teks cerita diri

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.3    Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
Indikator :
¡  Mengidentifikasi perbedaan kegemaran dalam keluarga
¡  Menentukan contoh perbedaan kegemaran dalam keluarga

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.4    Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya
4.13 Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel
Indikator :
¡  Menyebutkan benda-benda alam untuk membuat hasil karya
¡  Membuat karya dengan bahan alam di lingkungan sekitar

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Bahasa Indonesia
Membaca teks cerita diri
“Aku Suka Membaca”
Siti suka membaca
Lani juga suka membaca
Membaca sangat berguna
Berdiskusi/ Bercerita
Membuat Buku Sederhana
Membaca membuat Siti dan Lani pandai
Siti dan Lani rajin berlatih membaca

¡  PPKn
Membedakan kegemaran dalam keluarga
Hasil gambar untuk gambar anak gemar membaca kartunHasil gambar untuk gambar ibu memasak kartun
¡  SBdP
Membuat Buku Sederhana
Dari hasil jalan-jalan dilingkungan sekolah, daun yang sudah terkumpul digunting, dilipat dan ditempel pada kertas hvs dan digambar tentang kegemaran diri.


D.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  diskusi, tanya jawab, penugasan dan praktik
E.     SUMBER BELAJAR
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kegemaranku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Kegemaranku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

F.      MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Taman alam di lingkungan sekolah

G.     ALAT PEMBELAJARAN
¡  Kertas polos/HVS (sebaiknya yang berwarna), minimal tiga lembar dibagi dua atau empat.
¡  Karton manila untuk halaman muka.
¡  Gunting.
¡  Tali/benang wol dan pembolong kertas/jarum jahit.
¡  Pensil warna/krayon/spidol/alat tulis lain.
¡  Kertas warna warni/daun kering/ ranting/bunga kering/majalah bekas atau bahan alam lainnya untuk membuat hiasan.

H.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡  Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
¡  Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
¡  Mengajak Semua Siswa menyanyi  Selamat Pagi Guru”
¡  Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, bahwa guru adalah seseorang yang menuntun kita bisa membaca dan menulis
¡  Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan

10 menit
Inti
Membaca Teks dan Membedakan Kegemaran
¡  Guru meminta siswa membuka buku siswa. (Mengamati)
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi dari cerita (Menjawab)
-       Siapa saja yang ada di gambar?
-       Apa yang sedang mereka lakukan?
-       Bagaimana mereka melakukannya?
-       Di mana mereka melakukannya?
-       Mengapa mereka melakukannya?
-       Apakah siswa melakukan apa yang dilakukan Lani dan Siti?
¡  Siswa melakukan diskusi tentang kegemarannya terhadap manfaat nya dalam kehidupan sehari-hari. (Mengeksplorasi)
¡  Guru menyampaikan kepada siswa bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan membaca, kita bisa mendapatkan banyak informasi yang sebelumnya tidak kita ketahui. Kita bisa membaca buku-buku yang menarik, seperti buku cerita bergambar, buku cerita anak, dan buku ilmu pengetahuan. Jika kita dapat membaca, maka informasi mudah kita dapatkan. Lalu, sampaikan pada siswa bahwa mereka akan belajar membaca sebuah cerita. (Mengasosiasi)
¡  Selesai  berdiskusi siswa diminta untuk menceritakan kegemarannya. (Mengkomunikasikan)

Membuat Buku Sederhana
¡  Guru menyampaikan kepada siswa bahwa siswa akan membuat buku tentang dirinya dan hal-hal di sekitarnya, seperti mainan kesukaan, makanan, dan teman dekat. Apakah siswa kelas 1 dapat membuat buku? Guru menjelaskan bahwa semua orang termasuk siswa kelas satu dapat membuat buku dan para siswa akan membuktikannya. Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar membuat sebuah buku. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa diajak berkeliling di lingkungan sekolah dan diarahkan untuk mencari daun-daun kering dan menanyakan kepada guru apakah boleh digunakan. (Menanya)
¡  Dengan bantuan guru membagikan 3 lembar kertas HVS (bisa lebih sesuai kebutuhan). siswa akan menulis dan membuat gambar mulai dari: (Mengasosiasi)
-       Judul buku di halaman depan.
-       Halaman pertama (1) adalah dirinya (di bawahnya ditulis “Ini adalah aku”).
-       Halaman dua (2 ) gambar ayah/bapak ditulis “Ini Ayahku”.
-       Halaman tiga (3) gambar ibu “ Ini Ibuku”, dan seterusnya.
¡  Siswa melipat ketiga lembar kertas menjadi dua bagian atau empat bagian yang sama besar. Dan menambahkan hiasan dari daun-daun kering yang telah dikumpulkan (Mengekplorasi)

45 menit
Penutup
¡  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡  Melakukan penilaian hasil belajar
¡  Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡  Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
¡  Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan

15 menit

I.       KARAKTER
§  Gemar Membaca
§  Kreatif






J.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Bekerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Adi












2
Musa












3
Fiyar












4
………












Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT       :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

2.   Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis (lembar kerja di buku  siswa)


3.   Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Membaca
Kriteria
Terlihat (P)
Belum Terlihat (P)
Kemampuan menirukan kalimat yang diucapkan guru


Ketepatan menjawab pertanyaan berdasarkan gambar



Rubrik Membuat Buku
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
Kemampuan  menulis kosa kata baru selama lima hari tugas penulisan buku
Siswa mampu menulis 10 atau lebih kosa kata
Siswa mampu menulis 7—9 kosa kata
Siswa mampu menulis 4—6 kosa kata
Siswa mampu menulis 0—3 kosa kata
Kelengkapan bagian-bagian kelengkapan buku
Kelengkapan buku mencakup 5 unsur:
-     sampul buku (cover),
-     judul buku
-     nama  pengarang
-     isi buku dan
-     ilustrasi
Kelengkapan buku mencakup 4 unsur
Kelengkapan buku mencakup 3 unsur
Kelengkapan buku mencakup 2 unsur atau kurang


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

No comments:

Post a Comment