RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MII Candiareng
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema 2 : Kegemaranku
Sub Tema 4 : Gemar Membaca
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (1 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Meyakini
bahwa Allah lah pencipta manusia dan seisinya
KI 2 : Memiliki
perilaku disiplin, toleransi, menghormati perbedaan sesama teman, keluarga dan
guru yang berbeda dengan dirinya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dijumpainya
KI 4 : Mampu
mempraktikkan kegiatan-kegiatan dan membuat keterampilan yang berhubungan
dengan kegemarannya
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengenal teks cerita diri
tentang keluarga dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis.
Indikator :
¡ Membaca teks cerita diri
¡ Menceritakan kembali teks cerita diri
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Mengenal keberagaman
karateristik individu di rumah dan di sekolah
Indikator :
¡ Mengidentifikasi perbedaan kegemaran dalam keluarga
¡ Menentukan contoh perbedaan kegemaran dalam keluarga
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat
serta fungsinya dalam membuat prakarya
4.13 Membuat karya kreatif dengan menggunakan
bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan
menempel
Indikator :
¡ Menyebutkan benda-benda alam untuk membuat hasil karya
¡ Membuat karya dengan bahan alam di lingkungan sekitar
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Bahasa Indonesia
Membaca teks cerita diri
“Aku
Suka Membaca”
Siti
suka membaca
Lani
juga suka membaca
Membaca
sangat berguna
Berdiskusi/
Bercerita
Membuat
Buku Sederhana
Membaca
membuat Siti dan Lani pandai
Siti
dan Lani rajin berlatih membaca
¡ PPKn
Membedakan kegemaran dalam
keluarga
¡ SBdP
Membuat Buku Sederhana
Dari hasil jalan-jalan
dilingkungan sekolah, daun yang sudah terkumpul digunting, dilipat dan ditempel
pada kertas hvs dan digambar tentang kegemaran diri.
D. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : diskusi,
tanya jawab, penugasan dan praktik
E. SUMBER BELAJAR
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Kegemaranku
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Kegemaranku
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
F. MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Taman alam di lingkungan sekolah
G. ALAT PEMBELAJARAN
¡ Kertas polos/HVS (sebaiknya yang berwarna), minimal tiga
lembar dibagi dua atau empat.
¡ Karton manila untuk halaman muka.
¡ Gunting.
¡ Tali/benang wol dan pembolong kertas/jarum jahit.
¡ Pensil warna/krayon/spidol/alat tulis lain.
¡ Kertas warna warni/daun kering/ ranting/bunga kering/majalah
bekas atau bahan alam lainnya untuk membuat hiasan.
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
¡
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
¡
Mengajak Semua Siswa
menyanyi “Selamat Pagi Guru”
¡
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, bahwa guru adalah seseorang yang menuntun kita bisa
membaca dan menulis
¡
Menginformasikan Tema yang akan
dibelajarkan
|
10 menit
|
Inti
|
Membaca Teks dan Membedakan Kegemaran
¡
Guru meminta siswa membuka buku
siswa. (Mengamati)
¡
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi dari cerita (Menjawab)
-
Siapa
saja yang ada di
gambar?
-
Apa yang sedang mereka lakukan?
-
Bagaimana mereka melakukannya?
-
Di mana mereka melakukannya?
-
Mengapa mereka melakukannya?
-
Apakah siswa melakukan apa yang
dilakukan Lani dan Siti?
¡
Siswa melakukan diskusi tentang kegemarannya terhadap
manfaat nya dalam kehidupan sehari-hari. (Mengeksplorasi)
¡
Guru menyampaikan kepada siswa
bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan membaca, kita bisa
mendapatkan banyak informasi yang sebelumnya tidak kita ketahui. Kita bisa
membaca buku-buku yang menarik, seperti buku cerita bergambar, buku cerita anak,
dan buku ilmu pengetahuan. Jika kita dapat membaca, maka informasi mudah kita
dapatkan. Lalu, sampaikan pada siswa bahwa mereka akan belajar membaca sebuah
cerita. (Mengasosiasi)
¡
Selesai berdiskusi
siswa diminta untuk menceritakan kegemarannya. (Mengkomunikasikan)
Membuat Buku Sederhana
¡
Guru menyampaikan kepada siswa
bahwa siswa akan membuat buku tentang dirinya dan hal-hal di sekitarnya,
seperti mainan kesukaan, makanan, dan teman dekat. Apakah siswa kelas 1 dapat
membuat buku? Guru menjelaskan bahwa semua orang termasuk siswa kelas satu
dapat membuat buku dan para siswa akan membuktikannya. Guru menyampaikan
bahwa siswa akan belajar membuat sebuah buku. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa diajak berkeliling di lingkungan sekolah dan
diarahkan untuk mencari daun-daun kering dan menanyakan kepada guru apakah
boleh digunakan. (Menanya)
¡
Dengan bantuan guru membagikan
3 lembar kertas HVS (bisa lebih sesuai kebutuhan). siswa akan menulis dan membuat
gambar mulai dari: (Mengasosiasi)
-
Judul
buku di halaman depan.
-
Halaman
pertama (1) adalah dirinya (di bawahnya ditulis “Ini adalah aku”).
-
Halaman
dua (2 ) gambar ayah/bapak ditulis “Ini Ayahku”.
-
Halaman
tiga (3) gambar ibu “ Ini Ibuku”, dan seterusnya.
¡
Siswa melipat ketiga lembar
kertas menjadi dua bagian atau empat bagian yang sama besar. Dan menambahkan hiasan dari daun-daun kering yang telah
dikumpulkan (Mengekplorasi)
|
45 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya dsb)
¡
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
15 menit
|
I. KARAKTER
§
Gemar
Membaca
§
Kreatif
J. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Adi
|
||||||||||||
2
|
Musa
|
||||||||||||
3
|
Fiyar
|
||||||||||||
4
|
………
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (lembar kerja di buku siswa)
3. Penilaian
Keterampilan
Lembar Pengamatan Membaca
Kriteria
|
Terlihat (P)
|
Belum Terlihat (P)
|
Kemampuan menirukan kalimat yang diucapkan guru
|
||
Ketepatan menjawab pertanyaan berdasarkan gambar
|
Rubrik
Membuat Buku
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
Kemampuan menulis
kosa kata baru selama lima hari tugas penulisan buku
|
Siswa mampu menulis 10 atau lebih kosa kata
|
Siswa mampu menulis 7—9 kosa kata
|
Siswa mampu menulis 4—6 kosa kata
|
Siswa mampu menulis 0—3 kosa kata
|
Kelengkapan bagian-bagian kelengkapan buku
|
Kelengkapan buku mencakup 5 unsur:
- sampul buku (cover),
- judul buku
- nama pengarang
- isi buku dan
- ilustrasi
|
Kelengkapan buku mencakup 4 unsur
|
Kelengkapan buku mencakup 3 unsur
|
Kelengkapan buku mencakup 2 unsur atau kurang
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( ___________________ )
NIP ..................................
|
No comments:
Post a Comment